Dewan Pengurus Pusat
Partai Kebangkitan Bangsa

Tak Hanya Buka Pendaftaran Balonbup, PKB Sumsel Juga Mengawal Secara Tuntas

Berita Daerah
Tak Hanya Buka Pendaftaran Balonbup, PKB Sumsel Juga Mengawal Secara Tuntas

Palembang –Tujuh daerah di wilayah Sumatera Selatan dalam waktu dekat ini akan digelar pemilihan kepala daerah (pilkada) secara serentak. Terkait hal tersebut Dewan Pengurus Wilayah Partai Kebangkitan Bangsa (DPW PKB) Provinsi Sumatera Selatan membentuk tim desk pilkada untuk membuka pendaftaran bagi bakal calon bupati dan wakil bupati secara terbuka.

Dikatakan oleh Ketua Tim Seleksi kepala daerah DPW PKB Sumsel HM Antoni Toha SH, PKB Sumsel telah mempersiapkan secara matang dan siap untuk bekerja menyambut pilkada di tujuh kabupaten di Sumsel. Diakui olehnya rapat – rapat koordinasi juga telah dilakukan oleh pihak DPW PKB kepada ketujuh DPC PKB yang sedianya akan dilangsungkan pilkada serentak.

“Kita telah membentuk Tim Seleksi untuk penjaringan kepala daerah di tujuh kabupaten yang akan diselenggarakan pilkada secara serentak, tiap tim terdiri dari 5 orang dengan diketuai oleh saya sendiri, HM Antoni Toha SH, dengan Wakil Ketua Timsel Drs Yasmaun Effendi (Sekretaris), Dra Nilawati (anggota), Nasrul Halim SH (anggota),” terang Antoni, Kamis, (12/03/2015).

Ditambahkan oleh Antoni, terkait persiapan penjaringan calon bupati dan wakil bupati, dirinya mengkalim telah melakukan koordinasi secara masiv, dan akan segera membentuk Timsel untuk ditingkat DPC guna memberikan rekomendasi berkas – berkas ke DPW.   

“Koordinasi secara masiv telah kita lakukan, dalam waktu dekat kita juga akan membentuk Timsel di tingkat DPC yang daerahnya akan dilangsungkan pilkada, selain itu juga sebagai pemberi rekomendasi berkas ke pihak kami,” ujarnya.

Diterangkan oleh Antoni, Timsel PKB Sumsel bukan hanya membuka dan menghantarkan balonbup untuk menduduki kursi eksekutif saja. Akan tetapi Timsel PKB Sumsel juga telah menyiapkan tim survei, serta tim advokasi pilkada.

“Kita akan siapkan juga instrument – instrument keseluruhan untuk terselenggaranya pilkada dengan baik seperti mengawal balonbup hingga tuntas, termasuk bila ada gugatan yang menjurus hingga ke MK. Untuk tim survei kita siapkan dari internal PKB namun sifatnya independen yang kita akui cara kerjanya. Sebelum benar – benar turun, kita akan lakukan seleksi administrasi. Setelah dinyatakan lulus, maka tim survei akan bekerja terhadap calon yang dianggap layak untuk mengikuti proses selanjutnya yakni fit and propertes di DPP PKB,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan oleh Antoni, balonbup yang dianggap memiliki rating tertinggi yang nantinya akan ditetapkan oleh DPP sebagai calon kepala daerah.

“Meski kebijakan di PKB lebih memperioritaskan kader PKB dan NU, namun PKB sendiri tidak menutup kemungkinan untuk menerima calon bupati dari luar PKB yang dianggap layak dan mampu membawa perubahan di daerahnya. Tak tertutup kemungkinan pula kita akan usung tokoh, praktisi, pemerintah maupun akademisi. Secara emosional PKB Sumsel juga berusaha untuk mengedepankan putra daerah meski hal tersebut juga bukan syarat yang mutlak karena tidak ada dalam AD/ART partai. Ya, intinya kita tinggal tunggu saja keputusan nanti.  Yang pasti calon yang memliki peluang untuk diusulkan adalah calon yang memiliki kemungkinan menang,” pungkasnya.

Bagi siapapun yang memiliki niat dan keinginan hendak mendaftarkan dirinya sebagai kepala daerah Antoni mempersilakan untuk mendaftar ke secretariat pendaftaran yang telah dibuka di DPC masing – masing.

“Pendaftaran balonbup telah di buka di DPC masing – masing silakan bagia siapapun yang ingin mendaftarkan dirinya untuk menjadi cagub didaerahnya masing – masing,” tandasnya.