Dewan Pengurus Pusat
Partai Kebangkitan Bangsa

Tak Perlu Munafik Sikapi Dana Saksi Parpol

Berita Utama
Tak Perlu Munafik Sikapi Dana Saksi Parpol

Jakarta- Ketua Lembaga Pemenangan Pemilu (LPP) Dewan Pengurus Pusat Partai (DPP) Kebangkitan Bangsa (PKB), Saifullah Maksum, menyayangkan sikap partai politik peserta pemilu yang terkesan munafik terkait dana saksi parpol yang hingga saat ini belum diputuskan oleh pemerintah.

"Kalau PKB hingga saat ini istiqomah adanya dana saksi parpol, toh itu gagasan lama yang kembali diusulkan. Dananya pun tidak turun ke partai. Yang saya pertanyakan itu adalah sikap munafik partai lain yang di ruang sidang setuju, ternyata diluar, dimedia, justru menolak," ungkap Saefullah panjang lebar, Selasa (18/2/2014).

Adanya dana saksi, menurut mantan anggota FPKB DPR RI periode 2004-2009 ini, adalah sebagai upaya meminimalisir kecurangan yang terjadi. "Jika menghendaki hasil pemilu yang jauh lebih berintegritas pemerintah harusnya aware soal ini" katanya.

Terkait adanya suara bising yang berteriak dengan menuding parpol yang mendorong dana saksi dikarenakan minimnya kader internal sebagai saksi, Saefullah Maksum menilai itu sebagai pernyataan yang tidak mendidik masyarakat.

"Sangat tidak mendidik, bicara pemilu adalah bicara partisipasi masyarakat, masyarakat harus terdidik secara politik dan terlibat aktif dalam semua proses pesta demokrasi. Tudingan itu keluar karena merasa besar, tapi pada dasarnya kecil. PKB tawadlu’ saja, besar tapi merasa kecil," katanya.

Sebagaimana diketahui, hingga saat ini Pemerintah tak juga memutuskan soal dana saksi Pemilu dibiayai oleh negara. Indikasinya, bahkan pemerintah bakal membatalkan rencana itu, lantaran mendapat penolakan dari sejumlah kecil partai peserta Pemilu.